Bagi Kamu yang Punya Ponsel, Inilah Akibatnya Kalau Cas Belum Full Langsung Dicabut

Diposkan oleh On 8:07:00 PM

-- --


Akibatnya kalau ngecas belum full dicabut? Banyak sekali loh masalah yang bisa ditimbulkan. Godaan untuk melepas ponsel yang sedang dicharge walaupun sudah penuh sangatlah besar. Salah satu alasan ketika orang melepas ponsel sebelum baterai penuh adalah terburu-buru pergi.

Nah jika kamu termasuk dalam orang yang sering melepas ponsel dari charger sebelum baterai penuh, maka harus mengetahui dampaknya berikut ini:

  • Mempermendak usia baterai ponsel
  • Mempengaruhi kinerja ponsel
  • Membuat baterai cepat panas sehingga bisa merusak bahkan meledak


Sebenarnya banyak kebiasaan mencharge yang salah sehingga bisa menurunkan kualitas baterai bahkan ponsel kamu. Pada umumnya orang tidak mengetahui jika kebiasaan mereka ini salah, ada juga yang sudah mengetahuinya namun tetap melakukan kebiasaan salah ini. Mau tau apa saja kebiasaan mencharge ponsel yang ternyata bisa membuat baterai ponsel kamu cepat rusak? Ini daftarnya:

Mencharge Semalamam
Kebiasaan mencharge ketika tidur lalu mencabutnya saat bangun ini ternyata tidak baik loh. Mengisi daya ponsel sepanjang malam hanya akan merusak baterai ponsel. Kondisi daya baterai yang terus diisi padahal sudah penuh akan menyebabkan baterai bocor atau rusak.
Untuk itu, hindari sebisa mungkin kebiasaan mencharge baterai ketika tidur. Cabutlah ponsel ketika baterainya sudah terisi penuh demi menjaga keawetan baterai dan ponsel kesayangan kamu.

Tidak Pernah Mematikan Ponsel
Ponsel juga sama loh seperti manusia, yaitu butuh istirahat. Kamu sebaiknya mematikan ponsel secara berkala dan jangan membiarkannya menyala setiap hari.
Ketika ponsel sering digunakan secara non stop maka baterai ponsel bisa panas. Kondisi ini bisa membahayakan baterai juga komponen-komponen lainnya dalam ponsel.
Mulai sekarang kamu bisa mulai “mengistirahatkan” ponsel, bisa di malam haru saat tidur atau ketika sedang tidak ingin diganggu.

Menggunakan Ponsel Saat Sedang Dicharge
Saat kamu mencharge ponsel maka sebaiknya mematikannya atau tidak menggunakan ponsel sama sekali. Kebiasaan orang-orang yang sering menggunakan ponselnya saat sedang dicharge ini bisa menurunkan kualitas baterai ponsel. Tidak hanya itu, kebiasaan ini pun bisa membuat ponsel kamu suhunya meningkat sehingga merusak komponen yang ada di dalam ponsel tersebut.

Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai Spesifikasi
Dalam artian menggunakan charger ponsel jenis lainnya. Padahal setiap charger itu didesain dan disesuaikan sama dengan jenis ponselnya loh. Walaupun charger kamu sama dengan charger orang lain yang jenis ponselnye berbeda, namun sebaiknya jangan menggunakannya.

Kebiasaan ini dapat merusak baterai ponsel bahkan ponsel kamu. Untuk itu gunakanlah charger sesuai bawaan ponsel kesayangan kamu.

Dipakai Pada Suhu Panas
Udara panas ternyata bisa membahayakan ponsel juga baterai nya loh. Suhu panas akan mempengaruhi suhu pada mesin dan baterai ponsel sehingga memicu kerusakan. Untuk itu kurangilah menggunakan ponsel saat berada di luar ruangan atau dalam kondisi suhu panas.

Jangan Menunggu Hingga Baterai Habis Total
Ada beberapa orang yang malas mencharge ponselnya sehingga menunggu sampai baterainya habis total baru mencharge. Padahal jika ada melakukan kebiasaan ini bisa memperburuk kualitas baterai ponsel. Baterai bisa cepat drop bahkan sama sekali tidak bisa menyala.

Tidak Mencharge Baterai Sampai 100%
Jika kamu beranggapan mencharga baterai sampai 100% baik untuk ponsel, maka anggapan ini salah loh. Kenyataannya, baterai ponsel itu bisa bekerja optimal ketika kapasitasnya berada di angka 40persen hingga 80persen.

Menaruh Baterai Di Freezer
Ada yang menyarankan untuk menaruh baterai ponsel di freezer untuk memperpanjang umurnya. Padahal saran ini menyesatkan loh. Terlebih jika ponsel kamu menggunakan baterai Lithium-Ion modern yang justru bisa rusak jika berada di suhu dingin atau panas berlebihan.

Terlalu Lama Bermain Game dan Surfing Internet
Ternyata kegiatan bermain game dan surfing internet terlalu lama di ponsel bisa mempengaruhi kualitas baterai kamu loh. Awalnya memang hanya akan menguras baterai. Tetapi jika lama-kelamaan kamu mencharge baterai ponsel terus-menerus bahkan memakainya saat sedang dicharge maka akan memicu kerusakan baterai bahkan ponsel.

Kebiasaan-kebiasaan di atas tanpa kamu sadari sering dilakukan dan ternyata bisa merusak baterai dan ponsel kesayangan kamu. Mulai sekarang hindari kebiasaan buruk di atas dan mulailah memperhatikan lebih baterai serta ponsel kesayangan kamu. Semoga informasi akibatnya kalau ngecas belum full dicabut ini bisa menambah wawasan kamu.

Sumber : Prelo.co.id




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »